CyberCop siap hadir di Indonesia

Jakarta, Kepolisian akan menambah unit cybercrime di tingkat kepolisian daerah (polda). Sampai saat ini sekitar 50 orang polisi khusus bidang cyber(cybercop) sedang menjalani pendidikan dan pelatihan.

Salah satu penyidik cybercrime Mabes Polri AKBP Edi mengatakan, pelatihan tersebut berlangsung di daerah Mega Mendung, Jawa Barat. Pesertanya berasal dari berbagai polda di seluruh Indonesia.

“Setelah itu rencananya baru akan dikirim ke luar negeri,” ujar Edi, yang juga merangkap sebagai pelatih, ketika ditemui di Mabes Polri, Jl Trunojoyo 3, Jakarta, Selasa (8/5/2007).

Menurut Edi, unit cybercrime sampai saat ini hanya masih dimiliki oleh Mabes Polri dan Polda Metro Jaya, sedangkan di wilayah Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah baru dibentuk embrio-nya.

Diharapkan dengan pelatihan ini sekitar tahun 2010 polda di seluruh Indonesia sudah mempunyai unit cybercrime sendiri, sehingga penanganan penegakan hukum terkait kejahatan masa depan dunia cyber dapat diatasi oleh wilayah masing-masing.

Hanya dalam realisasi program ini pihak kepolisian masih terbentur dengan masalah klise, yakni biaya. “Kita kan juga harus menyiapkan alat-alat yang mahal. Itu kan terkait dari masalah biaya, alat di Mabes Polri itu (saja) dari bantuan Amerika,” tukasnya.

(ash/dbu)

sumber : http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/05/tgl/08/time/141059/idnews/777831/idkanal/399




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: