Handsfree non-ori ternyata berbahaya

Seperti biasa hari ini melihat-lihat postingan di siemensxp sampai kemudian menemukan 1 judul yang menarik yaitu “Handsfree non-ori berbahaya!” yang ditulis oleh mas rudi_psiko, member siemensxp yang tinggal di jakarta. Setelah membaca beritanya mas rudi, ternyata menggunakan handsfree palsu alias tidak asli ternyata berbahaya juga. Ini cerita selengkapnya dari mas rudi_psiko :

beberapa minggu yg lalu aku beli handfreee siemens, klo dipasang di C75 ngakunya sih HHS-510, aku pasang HF tsb di SXG75 alangkah mengerikannya…ketika sudah dipasang HF, ketika dicabut HPnya tidak bisa bersuara (speakerphone dan speaker kuping tewas…) dan baru pulih setelah HPnya direstart … ini terjadi di SXG75 aku dan doi punya…malam ini aku iseng mencoba membandingkan wiring HF tsb (antara yg dari FAQ dengan yg aku beli..)

Wiring yang benar:
wiring

Wiring yang salah:
wiring
disini terlihat wiring yang salah banget…pertama, masa switch menghubungkan + dan gnd mic? 10*10 deh… jalur tsb 12 dan 11 tentu ada tegangan yg disebut mic bias nah klo jalur tsb dipasang saklar dan kemudian saklar tsb dipencet karena kan saklar buat diskonek pembicaraan? apa jadinya tuh…klo sering2 di korsletkan?? bisa2 nanti HP kita cuma bisa buat mendengar orang ngomong!

kedua, pada HF yg kubeli, masa jalur 12 (+ mic) dihubungkan langsung ke 7…alhasil di SXG75 sistemnya kacau beliau sampau perlu direstart seperti yg td aku cerita, kalo di C75 sih tdk berpengaruh apa2…..

so langkah yg kuambil adalah ku diskonek jalur yg salah (12 ke 7) dan switchnya aku cabut…so Handfree bisa dipakai normal di SXG75….so klo ada yg beli HF, coba bongkar dan cek wiringnya dulu, daripada HP kita kenapa2……..

Jadi mulai sekarang kita berhati-hatilah dalam menggunakan aksesoris aspal (asli tapi palsu). Sudah banyak kasus yang berhubungan dengan perangkat palsu seperti ini. Dan yang sedang hangat-hangatnya ya kasus baterei Nokia BL-5C yang mengalami overheat sehingga bisa menyebabkan terbakar atau meledak. Jadi kita sebagai konsumen bisa lebih waspada dalam menentukan pilihan, mau yang asli atau palsu. Kalau hal ini ditanyakan ke konsumen mungkin jawabannya bisa beragam, bagi yang punya duit tentu tidak masalah beli aksesoris asli, tapi yang duit cekak/pas-pasan waduh menyiksa sekali beli aksesoris asli, mendingan beli yang palsu yang bisa dijumpai di tiap² counter hp hehehe. Apapun itu, andalah yang menentukan dan …. menanggung resikonya ^^.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: